-->

Tipe mobil APV Terendah Sampai Tertinggi

Tipe mobil APV terendah sampai tertinggi - Ada lima tipe Suzuki APV yang dari yang terendah sampai tertinggi, antara lain Blindvan, GA, GE, GL, dan GX sebagai trim tertinggi. Berikutnya di tahun 2007, ada model segar yang terlihat lebih enak dipandang dan diberi nama Suzuki APV Arena.


Tipe mobil APV Terendah Sampai Tertinggi

Suzuki sebenarnya memiliki Low MPV selain Ertiga yang diberi nama Suzuki APV. Model tersebut pertama kali diluncurkan pada tahun 2004 dan langsung menjadi rival Toyota Avanza. Maklum, saat itu Suzuki belum menetaskan Ertiga.


Namun, produsen enggan menganggap APV sebagai mobil serba guna yang mengangkut penumpang, tetapi juga dapat berfungsi sebagai perdagangan ringan, bagi pengusaha yang mengangkut barang dan sewa.


Makanya modelnya sengaja dikuadratkan, agar kabinnya lapang. Hanya saja, tampilannya didesain sedikit lebih elegan, sehingga kasta lebih tinggi dari Suzuki Carry.


Awal kemunculannya mobil APV terbilang sukses membuat dapur pacu Suzuki meroket. Bahkan, penjualannya melampaui Daihatsu Xenia 2005 yang notabene baru masuk pasar Indonesia.


Tipe mobil APV menjawab akan kemunculan Daihatsu GranMax dan Luxio yang berpotensi merebut pasar APV. Amunisi Suzuki Indonesia tidak berhenti sampai di situ, perbedaan dengan rivalnya adalah tipe SGX dengan model captain seat dan imbuhan spoiler.


Masih banyak kerabatnya, Suzuki APV Arena Luxury muncul dengan penyematan body kit pada 2009. Basisnya adalah tipe SGX, yang telah diubah tampilannya dan sekaligus Anda bisa memilih velg 15 atau 17 inci. 


Baca juga : Kelebihan Dan Kekurangan Toyota IST


Berikut adalah daftar Tipe mobil APV terendah sampai tertinggi & harganya


  1. Tipe Mobil APV Arena Blind Van Rp 158.500.000
  2. Tipe Mobil APV Arena GA Rp 190.000.000
  3. Tipe Mobil APV Arena GL Rp 197.500.000
  4. Tipe Mobil APV Arena GX Rp 210.500.000
  5. Tipe Mobil APV Arena SGX Rp 213.000.000
  6. Tipe Mobil APV New Luxury R15 Rp 232.000.000.000
  7. Tipe Mobil APV New Luxury R17 Rp 236.000.000.

Tipe mobil APV ternyata tak lekang oleh waktu dan masih bertahan hingga saat ini. Jika dihitung sudah lebih dari 10 tahun, APV belum dirombak secara besar-besaran dan masih dijual oleh Suzuki Indonesia.


Suzuki APV Arena masih memiliki bentuk lampu depan yang diperbesar, desain gril horizontal, bilah persegi, dan masih mengandalkan mesin lama 1.493 cc G15A yang menghasilkan 92 hp pada 6.000 rpm dan torsi 126 Nm pada 3.000 rpm.


Melihat performa penjualan Suzuki APV selama 10 tahun terakhir, mengacu pada data Gaikindo, bisa dikatakan terus menurun. Pasalnya, banyak konsumen yang beralih ke Ertiga karena memiliki fitur yang lebih banyak dan desain yang lebih menarik.


Penurunan mulai terjadi pada tahun 2012 dan 2013 karena pilihan model yang bermain di segmen yang sama juga meningkat. Sebut saja Nissan Evalia, Chevrolet Spin, Wuling Confero, dan Honda Mobilio, maka Suzuki APV harus rela berbagi ceruk pasar dengan para rivalnya.


Meski permintaan dalam negeri semakin menipis, bagaimana dengan pasar ekspor? Suzuki APV ini rupanya masih dikapalkan ke berbagai negara seperti Filipina, Peru, Afrika, Karibia, dan beberapa negara lain di Asia, Amerika Latin, dan Oseania.


Namun kinerjanya berfluktuasi selama 10 tahun terakhir. Terakhir, Suzuki APV menjadi penyumbang ekspor barang terbesar di tahun 2018, disusul Ertiga generasi kedua.


Memasuki tahun 2019 dan 2020 angka ekspor juga mengalami penurunan, karena permintaan all new Suzuki Ertiga dan Pickup Carry semakin meningkat, ditambah ada mobil baru Suzuki XL7 yang juga ramai peminat di luar negeri.