-->

Simbol Lampu TL, Fungsi Dan Gambarnya

Simbol lampu tl dan gambarnya -  Pada dasarnya, Simbol lampu tl pada listrik dikategorikan menjadi tiga jenis, yaitu Lampu Pijar, Lampu Gas "Discharge" dan Light Emitting Diode "lampu LED".


Simbol Lampu TL, Fungi Dan Gambarnya

Fungsi Lampu TL listrik adalah perangkat yang menghasilkan cahaya ketika arus listrik diterapkan. Arus listrik yang dimaksud dapat berasal dari tenaga listrik yang dihasilkan oleh Pembangkit Listrik seperti PLN dan Genset & listrik yang dihasilkan oleh baterai dan akumulator.


Simbol dan fungsi lampu pada listrik sekarang telah menjadi salah satu perangkat yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan lampu listrik, kita bisa melakukan berbagai aktivitas di malam hari, mempercantik interior dan eksterior rumah, menerangi ruangan yang gelap atau sebagai indikator tanda bahaya. Sebelum ditemukannya lampu listrik, manusia pada masa itu menggunakan lilin, lampu minyak dan api unggun sebagai penerangan pada malam hari.


Baca juga : Gambar Dioda Dan Cara Kerjanya


Berikut adalah simbol lampu tl, fungsi dan gambarnya


1. Lampu pijar / Incandescent lamps


Lampu pijar adalah jenis lampu listrik yang menghasilkan cahaya dengan cara memanaskan kawat filamen di dalam bola lampu kaca yang diisi dengan gas tertentu seperti nitrogen, argon, kripton atau hidrogen. 


Lampu TL dapat dijumpai dalam berbagai pilihan tegangan listrik yaitu tegangan listrik yang berkisar antara 1.5V sampai dengan 300V. 


Fungsi Lampu pijar pada arus DC maupun AC banyak digunakan pada Lampu Jalan, Lampu Rumah dan Kantor, Lampu Mobil, Lampu Flash dan Lampu Hias. 


Pada umumnya lampu pijar hanya bertahan sekitar 1000 jam dan membutuhkan energi listrik yang lebih banyak dibandingkan jenis lampu lainnya. Lampu halogen juga termasuk dalam kategori lampu pijar. Lampu pijar


2. Lampu pelepasan gas / Gas Discharge Lamp 


Gas Discharge Lamp / Lampu Gas Discharge adalah lampu listrik yang dapat menghasilkan cahaya dengan cara mengirimkan muatan listrik melalui gas yang terionisasi. Lampu pelepasan gas ini juga menggunakan aditif seperti merkuri, natrium, dan halida logam. Jenis lampu tersebut antara lain lampu Fluorescent, lampu Neon, lampu Xenon Arc dan lampu Mercury Vapor.


Jenis lampu pelepasan gas yang sering kita jumpai tentunya adalah Lampu Fluorescent yang digunakan sebagai lampu penerangan di rumah atau di kantor. Lampu neon bertahan sekitar 10.000 jam atau 10 kali lebih lama dari lampu pijar. Lampu neon juga lebih hemat energi dibandingkan lampu pijar. Lampu pelepasan gas


3. Lampu LED "Light Emitting Diode"


Lampu LED / Light Emitting Diode adalah lampu listrik yang menggunakan komponen elektronik LED sebagai sumber cahaya monokromatik ketika diberikan tegangan maju. 


Fungsi Lampu listrik jenis LED ini memiliki banyak keunggulan seperti lebih hemat energi, lebih awet dan tidak mengandung bahan berbahaya misalnya Merkuri. 


Dan harga lampu LED lebih mahal jika dibandingkan dengan lampu neon dan lampu pijar, sehingga penggunaannya masih sangat terbatas. Lampu LED memiliki masa pakai hingga 25.000 jam atau 2,5 kali lebih lama dari Lampu Fluorescent. Jika dibandingkan dengan lampu pijar, lampu LED bertahan hingga 25 kali lebih lama dari lampu pijar.