-->

Kelebihan Dan Kekurangan Toyota IST

Kelebihan dan kekurangan toyota ist - Fitur-fitur yang ada pada mobil toyota ist pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, karena mobil ini berstatus CBU atau JDM Jepang. Baik versi 1300cc maupun 1500cc sudah memiliki AC, power steering, auto power window, spion elektrik, lampu pada sun visor, dan laci. Untuk keselamatan, terdapat fitur ABS, VSC, dan 2 airbag. 


Kelebihan Dan Kekurangan Toyota IST

Berikut adalah spesifikasi dari Toyota Ist 


  1. Spesifikasi Toyota Ist XP60
  2. Tipe Hatchback
  3. Tipe NCP60 (1300cc)
  4. NCP61 (1500cc)
  5. Mesin 1NZ-FE DOHC vvti 1300cc
  6. 2NZ-FE DOHC vvti 1500cc
  7. Lubang X Langkah 75,0 X 84,7 mm (1NZ)
  8. 75,0 X 73,5 mm (2NZ)
  9. Sistem Injeksi Bahan Bakar
  10. Transmisi Otomatis 4 Kecepatan
  11. 5 Manual Kecepatan (Scion xA)
  12. Jarak sumbu roda 2.380 mm
  13. Panjang 3.810 mm
  14. Lebar 1.630 mm
  15. Tinggi 1340 mm


Berikut adalah Kelebihan dan kekurangan toyota ist


Kelebihan toyota ist - adalah kualitasnya yang terasa jauh lebih baik dibandingkan mobil CKD Indonesia. Maklum saja karena mobil ini adalah CBU Jepang yang standar kelayakan minimalnya jelas lebih baik. Spare part mobil ini juga melimpah karena mirip dengan Vios Limo dan Yaris, terutama di bagian mesin untuk varian 1500cc. Hanya saja perlu Anda ingat karena ECU mobil ini sangat berbeda dengan Yaris dan Vios lokal Indonesia. Konsumsi bahan bakarnya kurang lebih sama dengan matic Vios dan Yaris Bakpao.


Kekurangan toyota ist - mungkin terletak pada ketersediaan part body yang jika dilihat dari luar cukup sulit karena bukan mobil pasaran. Walaupun fiturnya sangat lengkap, karena awalnya mobil ini juga didesain untuk wanita sehingga colokan pemantik api di mobil ini tidak tersedia sehingga cukup merepotkan untuk mengisi daya gadget karena colokan charger belum populer pada saat mobil ini dibuat. Pajak sendiri untuk wilayah Jawa Tengah mencapai 2,3 juta untuk varian 1500cc tahun 2005. Lebih mahal dari mobil CKD seperti Honda Jazz di tahun yang sama yang hanya 1,7 juta di wilayah Jawa Tengah.


Khusus untuk varian 1500cc, ada tambahan jok kulit, lingkar kemudi kulit, spoiler belakang, fog lamp, projector headlamp, panel ac digital, dan rem cakram belakang. Selain itu, ada juga versi full option yang sudah memiliki fitur pendukung praktis seperti audio yang lebih baik, laci di bawah jok, spion auto retract, dan lain sebagainya.


Setelah era Toyota Starlet berakhir, Toyota Astra Motor tidak lagi menjual hatchback di Indonesia hingga sekitar tahun 2006. Untungnya, karena mobil CBU diizinkan untuk dijual kembali di Indonesia setelah larangan impor kendaraan tahun 1973 dicabut, importir umum kemudian menjual hatchback Toyota. disebut Toyota ist. Toyota pertama kali dijual di Indonesia pada tahun 2003 melalui importir umum hingga sekitar tahun 2006 atau 2007. Desain mobil ini dirancang oleh seorang desainer Toyota bernama Masanari Sakae pada tahun 2000.


Desain mobil berbasis Toyota Vitz (Yaris versi Jepang awal) ini sedikit gagah karena didesain sebagai cross over. Jadi bisa dibilang ini adalah pendahulu dari Toyota C-HR atau Yaris Heykers. Mobil ini cukup populer di kalangan anak muda sehingga tidak heran jika di majalah otomotif dari tahun 2005 hingga 2007 selalu ada artikel tentang modifikasi Toyota. Karena berbasis Toyota Yaris, tak heran jika posisi konsol speedometer mobil ini juga berada di tengah seperti Toyota Yaris dan Vios awal.


Ada 2 pilihan mesin yang tersedia untuk Toyota di Indonesia, yaitu 1300cc dan 1500cc. Mesin 1300cc yang digunakan adalah mesin Toyota 2NZ-FE dengan konfigurasi DOHC 16 katup dengan teknologi injeksi elektronik katup variabel VVT-i dan rasio kompresi 10.5:1 yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 84Hp pada 6000Rpm dan torsi 121Nm pada 4400Rpm . 


Untuk mesin 1500cc, digunakan mesin Toyota 1NZ-FE yang sama dengan Yaris, Limo dan Vios dengan konfigurasi DOHC 16 katup dengan teknologi katup injeksi variabel elektronik VVT-i dan rasio kompresi 10.5:1. Tenaga yang dihasilkan juga sama, yakni 109Hp pada 6000Rpm dan torsi 141Nm pada 4200Rpm. Untuk transmisi, digunakan transmisi otomatis 4 percepatan untuk menggerakkan roda depan. Konon varian manual 5 percepatan ini diberi nama Scion xA yang jauh lebih langka dengan ciri yang sama persis dengan yang pertama, hanya logo depannya saja yang menggunakan logo Scion.