-->

Fungsi 4 Kabel Kapasitor Mesin Cuci

Fungsi 4 kabel kapasitor mesin cuci adalah sebagai energi tambahan untuk koil, sehingga poros dinamo yang berhubungan dengan pulsar dan pengering dapat digerakkan untuk berputar.

Fungsi 4 Kabel Kapasitor Mesin Cuci

Berikut adalah Fungsi 4 kabel kapasitor mesin cuci 

4 Kabel Kapasitor pada mesin cuci 1 tabung dan 2 tabung berfungsi untuk menggerakan dinamo. Kapasitor untuk dinamo mesin cuci biasanya mempunyai kapasitas 10μF sampai 15μF dan kapasitor untuk dinamo pengering dengan kapasitansi sekitar 2-4μF.

Dua buah kapasitor untuk dinamo mesin cuci biasanya dibungkus dalam satu paket berisi 4 kabel. Namun, kita bisa menggantinya dengan menggunakan kapasitor biasa yang memiliki 2 kabel asalkan nilai kapasitansinya sesuai.

Kemampuan kapasitor untuk memberikan tegangan tambahan pada kumparan diperoleh dari karakteristik kapasitor yang memiliki kemampuan untuk menyimpan energi listrik yang diberikan kepadanya.

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang menggunakan dinamo motor sebagai kompresornya. Dinamo digunakan untuk memutar pulsar dan kotak pengering di mesin cuci. Jenis dinamo yang digunakan pada mesin cuci menggunakan komponen kapasitor yang berfungsi untuk membantu gaya putar yang dihasilkan oleh dinamo.

Pada jenis mesin cuci dengan dua tabung, dua dinamo digunakan untuk mencuci dan mengeringkan. Jadi dibutuhkan dua kapasitor. Sedangkan mesin cuci otomatis yang hanya menggunakan satu unit dinamo hanya membutuhkan satu buah kapasitor untuk membantu kerja dinamo mesin.

Penyebab Kerusakan Kapasitor Pada Mesin Cuci 1 tabung dan 2 tabung

Penggunaan mesin cuci dan dalam waktu yang lama itu bisa menyebabkan kerusakan pada kapasitor mesin cuci. 

Untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada kapasitor dapat kita kenali ciri-cirinya sebagai berikut :

  1. Ada suara dengung tapi dinamo tidak berputar
  2. Rotasi dinamo lemah
  3. Dinamo mesin cuci tidak bisa berputar

Sebelum memastikan kerusakan mesin cuci akibat kapasitor mati, terlebih dahulu kita harus memastikan poros kumparan dinamo tidak macet. Caranya adalah dengan memutar pulsar cuci atau mesin pengering. Pastikan pulsa dan mesin cuci pengering tidak macet dan berjalan lancar.

Tips dan Cara Mengganti dan Memasang Kapasitor Mesin Cuci

Jika kita menduga bahwa kerusakan terjadi pada mesin cuci karena kapasitor mati, kita dapat menggantinya dengan kapasitor baru yang memiliki nilai kapasitansi yang sama. Ingatlah bahwa kapasitor untuk dinamo cuci memiliki kapasitansi sekitar 10μF/450V. 

Agar lebih akurat kita bisa mengecek kondisi kapasitor dengan menggunakan multitester atau kapasitansi meter. Sehingga kita dapat mengetahui nilai kapasitansi kapasitor mesin cuci secara riil.

Jika kerusakan hanya terjadi pada satu kapasitor, kita dapat menggantinya menggunakan kapasitor tunggal yang memiliki 2 kabel dengan kapasitansi yang sesuai. Tidak perlu harus mengganti dengan kapasitor ganda yang memiliki 4 kabel. Misalnya, jika kapasitor cuci rusak dengan nilai 12μF, maka kita dapat menggantinya dengan kapasitor dua kabel tunggal dengan nilai 12μF/450V.

Perlu dicatat bahwa kapasitor mesin cuci memiliki tegangan kerja yang tinggi. Jadi ketika mengganti kapasitor baru kita harus menggantinya dengan kapasitor yang memiliki tegangan kerja tinggi sekitar 450Volt.

Langkah-langkah memasang kapasitor mesin cuci adalah sebagai berikut:

  1. Buka penutup belakang mesin cuci.
  2. Kapasitor mesin cuci terlihat seperti tabung silinder dengan 4 kabel.
  3. Jika kita ingin mengganti semua kapasitor, maka lepaskan kabel kapasitor dan lepaskan.
  4. Jika hanya salah satu kapasitor yang diganti, maka kabel yang dibelokkan hanya milik kapasitor yang akan diganti.
  5. Pasang kapasitor baru dengan kapasitansi pengenal dan tegangan kerja yang sesuai.
  6. Kabel kapasitor dapat dibolak-balik tanpa masalah.
  7. Bersihkan dan isolasi sambungan kabel kapasitor kemudian tutup komponen utama. Dinamo digunakan untuk memutar pulsar dan kotak pengering di mesin cuci. 
  8. Selesai