-->

Efek Ganti Kapasitor Lebih Besar Pada Mesin Cuci

Efek "ganti kapasitor" lebih besar pada mesin cuci 1 tabung & 2 tabung  - Bila anda mengganti kapasitor yang lebih besar pada mesin cuci, biasanya pengering berputar lambat atau tidak berputar sama sekali. Kerusakan ini terjadi ketika jumlah batas kapasitor lebih besar dari seharusnya. Itu akan menyebabkan kapasitor lemah dan rusak. 


Efek Ganti Kapasitor Lebih Besar Pada Mesin Cuci


Di bagian belakang mesin cuci dan Anda akan melihat kapasitor. Untuk mesin cuci 2 tabung, motor dinamo cuci dan jemur biasanya berada dalam satu bagian kapasitor, namun sebenarnya 2 buah kapasitor digabungkan terlihat dari 2 pasang kabel yang dimilikinya.


Berikut adalah Efek ganti kapasitor lebih besar pada mesin cuci


Untuk kasus yang saya alami setelah ganti kapasitor yang lebih besar mesin cuci tidak bisa berputar dengan baik jika ada beban terisi air.


Jangan sampai Anda menggunakan kapasitor dengan ukuran lebih rendah atau lebih tinggi dari standar karena hal ini akan mempengaruhi ketahanan motor. 


Ukurannya Kapasitor bisa dilihat pada kapasitor lama yang rusak, dalam kasus saya 10uF (washer) dan 5uF (dryer) diganti dengan yang baru. Kecepatan putaran hingga 1280 rpm yang efektif mengeringkan pakaian dengan cepat.


Baca juga : Fungsi 4 Kabel Kapasitor Mesin Cuci


Berikut adalah "Fungsi Kapasitor" Pada Mesin Cuci 1 Tabung & 2 Tabung


Fungsi kapasitor adalah untuk menyimpan energi listrik yang digunakan untuk memutar dinamo. Secara sederhana ada 2 jenis fungsi kapasitor pada mesin cuci yaitu sebagai kapasitor start yang hanya bekerja setiap kali motor dinamo mesin cuci berputar dan kapasitor running yang akan bekerja terus menerus selama dinamo mesin cuci berputar.


Motor dinamo pada mesin cuci akan berputar ketika mendapat tenaga listrik. Mesin cuci yang berputar lemah atau hanya berdengung dapat disebabkan oleh kapasitor yang rusak. Umumnya mesin cuci bisa menggunakan 1 atau 2 kapasitor.


Fungsi kapasitor dalam rangkaian listrik dan elektronika. Kerusakan kapasitor pada mesin cuci seperti Sanken, Sharp, Sanyo, Samsung, dll seringkali menyebabkan mesin cuci tidak bekerja atau macet. Motor washer juga memiliki belitan utama dan belitan bantu, tetapi tidak ada perbedaan jumlah dan diameter kumparan.


Fungsi dari kapasitor sendiri adalah sebagai alat bantu pada saat mengangkat mesin dan juga pada saat mesin bekerja. Alat yang akan kita gunakan adalah mutiester atau avometer, alat ini analog dan digital, untuk praktikum kali ini kita menggunakan multitester digital, anda bisa membelinya di toko elektronik atau online dengan harga 25.000 sampai dengan 150.000. 


Fungsi kapasitor adalah menerima dan menyimpan energi listrik yang kemudian digunakan untuk membantu dinamo berputar. Nah, kapasitor disini berfungsi untuk memberikan daya listrik pada dinamo motor, agar dapat berputar dan melakukan proses pencucian dengan maksimal. 


Cara cek kapasitor mesin cuci dengan multitester


Tanda bahwa kapasitor mesin cuci anda rusak, multitester akan bergerak lambat atau bahkan lama kelamaan tidak berfungsi sama sekali. 


Secara sederhana ada 2 jenis fungsi kapasitor pada mesin cuci, yang pertama adalah sebagai kapasitor start yang hanya bekerja setiap kali dinamo motor mesin cuci akan berputar. 


Sedangkan fungsi dari kapasitor kedua adalah sebagai kapasitor yang sedang berjalan yang akan bekerja terus menerus selama dinamo hidup. Selain kelebihan beban, karet van belt kendor, atau gardan macet, kerusakan pada washer kapasitor juga bisa menjadi penyebab tabung mesin cuci menjadi rusak.