-->

Cara Menambah Memori Internal Samsung J2 Prime Tanpa Kartu SD

Cara menambah memori internal samsung J2 Prime tanpa kartu SD - Kapasitas memori internal Samsung J2 Prime memiliki ruang sebesar 8GB yang juga masih sebagian digunakan oleh aplikasi dan sistem yang terpasang di ponsel. Maka wajar jika memori internal Samsung J2 Prime sering penuh dan muncul notifikasi bahwa ruang penyimpanan telah habis.

Cara Menambah Memori Internal Samsung J2 Prime Tanpa Kartu SD

Dari permasalahan tersebut muncul banyak pertanyaan, seperti bagaimana cara menambah memori internal Samsung J2 Prime? Atau bagaimana cara mengupgrade memori internal Samsung J2 Prime?

Untuk memperbesar memori internal Samsung J2 Pro tidak akan pernah bisa, karena pada samsung j2 Prime tidak dapat menyediakan mengupgrade atau menambah ruang penyimpanan internal.

Masalah ini bukan tanpa alasan, ada beberapa faktor yang menyebabkan memori internal Samsung J2 Prime cepat penuh, oleh karena itu saya akan mencoba menjelaskan beberapa penyebab dan memberikan solusinya.

Nah sebelum kita membahas solusinya lebih jauh, alangkah baiknya untuk mengetahui apa penyebab memory Samsung J2 Prime selalu penuh. Ini juga berguna bagi Anda untuk mengetahui lebih banyak tentang penyebab masalah penyimpanan telepon penuh.

Berapa kapasitas memori internal Samsung J2 Prime? Ada yang tau kapasitasnya berapa? Ya, kapasitas penyimpanan Samsung J2 prime hanya 8 GB dan masih menggunakan beberapa ruang untuk file sistem dan aplikasi bawaan.

Inilah hal utama yang menyebabkan memori samsung j2 prime menjadi penuh, bayangkan saja dengan ruang yang kecil harus menampung beberapa aplikasi android populer yang besar seperti whatsapp, instagram, google chrome dan aplikasi lain yang memiliki ukuran besar. 

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Tanpa Menghapus Aplikasi

Penyebab memori internal samsung J2 Prime cepat penuh

Penyebab adalah letak penyimpanan aplikasi yang berada di penyimpanan internal. Pada umumnya ketika kita menginstal sebuah aplikasi maka secara otomatis akan tersimpan di memori internal, begitu juga pada Samsung J2 Prime.

Hal inilah yang membuat ruang internal hanya terkuras oleh aplikasi yang kamu unduh di Playstore atau sumber lain, belum lagi aplikasi yang kamu unduh cukup besar. 

Setiap aplikasi android pasti memiliki cache data yang di generate, file ini merupakan log aktivitas yang muncul setiap kita menggunakan aplikasi tersebut. Anda harus menghapus file cache atau biasa disebut file sampah secara rutin minimal satu kali dalam sehari.

Biasanya penyumbang terbesar file sampah adalah dari aplikasi browser, karena semakin banyak kita membuka website maka semakin banyak pula cache berupa cookie yang tersimpan di memori penyimpanan ponsel kita.

Nah setelah mengetahui penyebab diatas, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengatasinya atau solusi dari masalah memori penyimpanan Samsung J2 Prime yang sering penuh tanpa di format.

  • Hal utama yang harus saya sertakan agar memori internal j2 prime cepat terisi adalah memasang kartu eksternal atau SD Card. Memori Eksternal atau SD Card merupakan penunjang untuk menambah memori internal menjadi besar.
  • Ada banyak variasi kapasitas SD card yang bisa Anda gunakan, mulai dari 1 GB, 2 GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, 30 GB, hingga yang terbesar hingga 256 GB. Sangat membantu untuk memindahkan file yang ada di memori internal ke penyimpanan eksternal.

Berikut adalah Cara menambah memori internal samsung J2 Prime tanpa kartu SD 

  1. Anda bisa memindahkan beberapa file dari memori internal ke memori eksternal, penyimpanan internal akan lebih longgar dan tentu saja tanpa menghapus file yang kita miliki karena kita hanya memindahkannya ke memori eksternal atau SD Card
  2. Setelah kita memasang memori eksternal, selain untuk memindahkan file berupa dokumen, foto, video, kita juga dapat memindahkan aplikasi yang kita instal di ponsel kita. Karena Tidak banyak orang yang tahu cara memindahkan penyimpanan aplikasi ke memori eksternal.
  3. File sampah ini adalah file sisa saat kita membuka aplikasi, jadi tidak ada salahnya untuk menghapus file di memori penyimpanan agar tidak cepat penuh di hp samsung j2 prime.
Cara menghapus file sampah ini adalah melalui lokasi penyimpanan internal di android → Data → (folder aplikasi) → Folder cache, biasanya setiap folder aplikasi diawali dengan com. 

Namun menurut saya cara ini sangat rumit karena harus menghapus satu persatu, jadi saya sarankan menggunakan bantuan aplikasi storage cleaner. Banyak sekali aplikasi pembersih penyimpanan yang bisa anda install di playstore, saya sendiri menggunakan aplikasi Clean Master Lite.

Pada umumnya beberapa aplikasi memiliki versi lite, misalnya Facebook dan Twitter adalah aplikasi media sosial yang memiliki aplikasi versi lite. Ukuran dari kedua aplikasi original diatas cukup besar, namun jika anda menggunakan versi lite akan menghemat storage pada Samsung J2 Prime yang anda gunakan.

Setiap kali kita menerima pesan WhatsApp dari teman baik berupa file, foto maupun video, biasanya akan terunduh dan otomatis tersimpan di memori penyimpanan internal ponsel. Ini akan menjadi masalah ketika kita memasuki grup yang anggotanya sering mengirim banyak file ketika kita tidak benar-benar ingin melihat file tersebut.

Kemudian cara terbaik adalah dengan mematikan fitur download otomatis, selain menghemat ruang penyimpanan anda juga bisa menghemat kuota internet. Cara mematikan fitur auto download konten whatsapp adalah sebagai berikut:

Buka aplikasi Whatsapp → Klik Pengaturan → Data dan Penyimpanan → Unduh Otomatis Media,

Hapus centang opsi saat menggunakan data seluler dan saat terhubung ke wifi.

Dengan melakukan pengaturan seperti itu, file atau media yang diterima tidak langsung diunduh dan disimpan ke penyimpanan internal sehingga dapat menyelesaikan masalah internal pada ponsel Samsung J2 Prime secara tuntas.

Akhir kata :

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi Samsung J2 Prime yang memori internalnya cepat penuh.