-->

Bagaimana Cara Mengatasi Bila Terjadi Melengkung Pada Kepala Silinder

Bagaimana Cara mengatasi bila terjadi Melengkung pada kepala silinder - Sebelum menyervis blok mesin, lakukan langkah-langkah berikut:


Bagaimana Cara Mengatasi Bila Terjadi Melengkung Pada Kepala Silinder

1. Bersihkan semua lubang berulir untuk menghilangkan kotoran atau lainnya

2. Gunakan keran dasar di setiap lubang, ini perlu dibelah sedikit.

3. Perbaiki utas jika ada kerusakan

4. Untuk mengembalikan ulir yang rusak di bagian aluminium, sisipan berulir harus disekrup ke dalam lubang atau disadap.

5. Periksa blok apakah ada keretakan dan kerusakan lainnya.

6. Blok silinder besi cor dapat diperiksa dengan magnfluxing. Periksa blok aluminium dari keretakan dengan pewarna penetran dan lampu hitam. Perbaiki retakan jika memungkinkan, tetapi jika berada di area kritis, blok harus diganti.


Baca juga : Rangka Mio Trail Paling Paten


Untuk memeriksa kelengkungan dek, gunakan pelurus atau penggaris dan pengukur penebang yang tepat. Dengan straightedge diposisikan secara diagonal di atas deck, jumlah tikungan ditentukan oleh ukuran feller gauge yang sesuai dengan celah antara deck dan straightedge 


Memperbaiki Blok Silinder Rusak - Pengukuran kerataan blok silinder menggunakan straight edge dan feller gauge.


Beberapa mesin memiliki persyaratan kelas dek khusus. Spesifikasi pabrikan harus menjadi acuan utama. Jika dek bengkok melebihi batas? Balok harus diganti atau (dilapisi/diluruskan). Untuk menyetel kembali balok, Anda memerlukan alat khusus yang akan mengikis sejumlah kecil logam, meninggalkan permukaan yang rata. Beberapa produsen tidak merekomendasikan metode ini, terutama jika balok terbuat dari aluminium.


Jika balok memiliki lebih dari satu permukaan dek (seperti mesin tipe V)? Setiap dek harus dikerjakan pada ketinggian yang sama. Jika dek tergores dan tidak diperbaiki, dudukan katup dapat terdistorsi ketika kepala disekrup ke blok. Kebocoran pendingin dan pembakaran juga bisa terjadi.


Pemeriksaan Lubang Silinder - Periksa dinding silinder dari goresan, kekasaran, atau tanda-tanda keausan lainnya. Kotoran dapat mempercepat keausan cincin dan dinding silinder.


Piston, ring, dan dinding silinder yang tergores atau tergores dapat berfungsi sebagai saluran oli untuk melewati ring dan masuk ke ruang bakar. Goresan dan goresan terjadi ketika lapisan minyak pada dinding silinder pecah, memungkinkan kontak logam-ke-logam dari cincin piston pada dinding silinder. 


Memperbaiki Blok Silinder Rusak - Kerusakan dinding silinder akibat ring piston. Tekanan di ring atas berada pada puncaknya dan pelumasan minimal saat piston berada pada puncak langkahnya. Bagian belakang bahan yang tidak digunakan akan tetap berada di atas batas atas perjalanan cincin. Di bawah travel ring area, keausan dapat diabaikan karena hanya piston skirt yang menyentuh dinding silinder.


Silinder yang direkondisi dengan benar harus memiliki diameter yang benar, tidak meruncing atau membulat, dan permukaan akhir harus sedemikian rupa sehingga cincin piston akan duduk membentuk segel yang akan mengontrol oli dan meminimalkan blowby.


Kondisi liner silinder - Untuk memeriksa lancip, ukur diameter silinder di A dan C. Perbedaan antara kedua bacaan tersebut adalah ukuran lancip.


Kebulatan silinder adalah perbedaan diameter silinder bila diukur sejajar dengan poros engkol dan kemudian tegak lurus terhadap engkol 


Pemeriksaan kebulatan silinder -  Kebulatan diukur di bagian atas silinder tepat di bawah punggungan. Biasanya lubang silinder diperiksa kebulatannya dengan dial bore gauge Namun, alat pengukur teleskop juga dapat digunakan.