-->

5 Jenis Usaha Budidaya Omset Besar Dengan Modal Kecil

Usaha budidaya omset besar - Jika saat ini Anda masih bingung untuk menentukan usaha budidaya atau ternak dengan omset besar, maka Anda bisa memilih ide budidaya peternakan yang menjanjikan berikut ini.

Jenis Usaha Budidaya Omset Besar Dengan Modal Kecil


Ada banyak jenis usaha dan budidaya ternak yang menguntungkan dan menjanjikan dengan omset yang besar.  Namun pelaku usaha harus memikirkan risiko dan kerugian yang akan dialami oleh usaha tersebut. Anda harus memikirkan berapa modal awal usaha, persentase keuntungan, prospek jangka panjang, target pasar harus benar-benar diperhatikan.


Berikut adalah 5 jenis usaha budidaya omset besar dengan modal kecil


1. Usaha budidaya entok atau unggas


Pangsa pasar untuk menjual daging entok cukup luas, Mulai dari pasar, pedagang kaki lima hingga restoran. Entok merupakan jenis unggas yang memiliki kepadatan daging cukup banyak jika dibandingkan dengan ayam kampung dan tentunya lebih menguntungkan.

Jika anda ingin memulai usaha peternakan entok, yang anda butuhkan hanyalah penyediaan kandang, pakan, bibit itik dan vitamin. usaha ternak entok ini cukup menjanjikan karena bisa mendapatkan omset dan untung besar dengan modal yang relatif kecil.


2. Usaha budidaya Ayam Boiler


Budidaya ayam boiler masih merupakan usaha peternakan yang sangat menggiurkan karena dengan modal kecil anda bisa mendapatkan untuk yang besar. Hal ini dikarenakan permintaan daging ayam di pasaran semakin hari semakin meningkat. Anda bisa menjual daging ayam boiler dan menjadi distributor daging ayam ke pasar, pedagang dan sebagainya. Laba bersih yang akan Anda dapatkan berkisar dari jutaan hingga puluhan juta.


Namun, akan dibutuhkan banyak ayam boiler untuk mendapatkan hasil. Anda setidaknya membutuhkan 250 anak ayam boiler di awal. Selain mendapatkan keuntungan setiap minggunya, modal yang anda keluarkan juga cukup kecil untuk membangun kandang ayam boiler, pengatur suhu kandang, pakan, vitamin dan lain sebagainya. Untuk resiko menjadi peternak ayam boiler cukup tinggi, karena kemungkinan terkena virus yang mengakibatkan kematian satu ayam dapat menginfeksi semua ayam.


Baca juga : Cara Menghitung Keuntungan Ternak Lele 3000 Ekor


3. Usaha budidaya Ayam Petelur


Menjadi peternak ayam petelur memang dirasa cukup menjanjikan, Karena setiap hari ada kebutuhan telur ayam dan permintaan pasar akan selalu naik sehingga omset pendapatan yang akan di peroleh juga semakin banyak. Selain itu keuntungan lainnya adalah, kotoran ayam juga bisa disalurkan ke lahan pertanian dengan mengolahnya menjadi pupuk organik.


Untuk memulai ide bisnis peternakan ayam petelur, Anda membutuhkan modal yang tidak terlalu besar, Cukup menyiapkan ratusan ekor ayam. penambahan kandang, pengatur suhu ruangan, pakan, vitamin.


Dan Jika ayam petelur memasuki masa produktif, Anda akan memanen telur setiap hari. Bayangkan, ada puluhan hingga ratusan telur untuk 1 hari panen tentunya anda akan mendapatkan omset yang besar dengan modal kecil. Namun, risikonya juga cukup tinggi. Mengingat serangan virus dan serangan penyakit lainnya.


4. Usaha budidaya Peternak Sapi


Bisnis peternak sapi merupakan ide bisnis peternakan yang cukup menjanjikan sepanjang musim. Bisa kita bayangkan, 1 ekor sapi dewasa yang sehat biasanya dijual dengan harga minimal di atas 12 juta hingga puluhan juta. Jika Anda menjual 10 ekor sapi, maka berapa penghasilan Anda? pastinya anda akan mendapatkan omset yang sangat besar pula.


Keuntungan besar seorang peternak sapi harus bisa dimulai dengan modal yang kecil. Anda cukup dengan membeli indukan, pakan, biaya pemeliharaan, pemberian vaksin dan lain sebagainya. Namun, kendala terbesar yang sering menjadi penyebab kegagalan sebagian besar peternak sapi adalah beberapa penyakit seperti antraks, infeksi virus dan sebagainya.


5. Usaha budidaya Peternakan Bebek


Daging bebek memang cukup populer sudah banyak penggemarrnya. Anda dapat memasarkan distribusi daging dan telur bebek ke pasar, restoran, dan sebagainya. Anda juga bisa menjual bebek hidup dengan harga tinggi di pasaran.


Usaha budidaya peternakan bebek memang menjanjikan untung dan omset besar dengan modal yang cukup kecil, Anda bisa membeli puluhan atau ratusan anak itik setelah itu pastikan anda memelihara dengan baik sampe masa panen tiba.


Baca Juga : Prospek Peternakan Sapi Potong


Risiko beternak bebek cukup kecil - Karena itik / bebek cukup kuat dalam melawan penyakit, asalkan diberi vitamin dan makan yang cukup. Selain itu, pertumbuhan itik juga cepat. Namun, bebek sangat haus akan makanan, jadi anda akan membutuhkan pakan yang cukup banyak.