-->

3 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Tanpa Menghapus Aplikasi

Cara mengatasi memori penuh samsung j2 prime tanpa menghapus aplikasi - Pada Samsung Galaxy J2 Prime sering ditemukan masalah dengan memori internal yang penuh. Untuk cara mengatasinya simak artikel ini sampai akhir.

3 Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime Tanpa Menghapus Aplikasi

Untuk saat ini memang banyak smartphone dengan persediaan memori internal yang besar, namun tidak semua pengguna dapat mengupgrade perangkatnya ke yang lebih baik. Ada beberapa alasan mengapa pengguna tetap menggunakan perangkat lama seperti Samsung Galaxy J2 Prime.

Sebenarnya salah satu faktor yang menyebabkan perangkat menjadi lebih lambat dari biasanya adalah memori internal yang penuh. Tapi anda merasa aplikasi yang diinstall hanya dibutuhkan, file yang disimpan juga tidak banyak, tapi kapasitasnya masih kecil, adakah solusi untuk hal ini?

Sesuai tema dimana kita akan membahas beberapa tips yang bisa membuat memori internal lebih luas dan kinerja hp android tetap lancar tanpa harus menghapus aplikasi. 

Baca juga : Cara Membaca Kode Transistor Mosfet

Berikut adalah 3 Cara mengatasi memori penuh samsung j2 prime tanpa menghapus aplikasi

1. Pindahkan File Pribadi Samsung J2 ke Perangkat Lain

Jika Anda memiliki flashdisk, laptop, komputer, atau mungkin perangkat yang bisa digunakan untuk menyimpan file lain, Anda bisa memanfaatkan perangkat tersebut. Disarankan hanya file yang sangat penting di Smartphone agar tidak membebani penyimpanan samsung j2 prime.

Anda dapat menghubungkan ponsel dengan kabel data, setelah itu pilih opsi PTP (point to point), lalu silahkan browse ke folder mana yang ingin Anda pindahkan ke perangkat penyimpanan lain, dan tunggu sampai proses selesai.

2. Tambahkan MicroSD yang Lebih Besar

Solusi lainnya adalah pengguna bisa menambahkan microSD dengan kapasitas yang lebih besar, dimana hal ini bisa lebih hemat dibandingkan pengguna harus membeli perangkat baru. Penting juga untuk dicatat bahwa microSD harus setidaknya kelas 10 agar kinerja tidak terpengaruh oleh penyimpanan eksternal.

Saat microSD diinstal, Anda dapat memindahkan semua file pribadi di penyimpanan internal ke microSD untuk meringankan perangkat HP samsung anda.

3. Hapus Cache Aplikasi pada HP Samsung anda

Kemudian Anda dapat menghapus cache aplikasi yang telah terakumulasi selama bertahun-tahun. Sementara fungsi cache sebenarnya mempercepat proses pembukaan kembali, itu tidak banyak membantu karena semakin besar file cache, semakin banyak memakan korban pada penyimpanan. 

Metodenya adalah:

  1. Buka menu pengaturan
  2. Kemudian Anda masuk ke menu aplikasi
  3. Kemudian cari saja aplikasi yang sering digunakan
  4. Anda membuka pengaturan aplikasi, dan klik tombol hapus cache
  5. Silakan lakukan berulang kali untuk aplikasi lain yang sering digunakan
  6. Hapus Unduhan YouTube
  7. Mungkin bagi sebagian pengguna Samsung J2 Prime banyak yang mendownload video youtube saat terkoneksi dengan WiFi. Tapi lupa untuk menghapusnya lagi saat menonton, sehingga membuat penyimpanannya semakin sempit. 

Untuk menghapus, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama buka aplikasi YouTube
  2. Setelah itu buka menu profile di pojok kanan atas
  3. Kemudian pilih opsi Pengaturan>> Unduhan>> Hapus Unduhan
  4. Gunakan Aplikasi Lite
  5. Sejak Google meluncurkan Android Go, semakin banyak aplikasi Android sekarang menawarkan versi Lite, yang memiliki persyaratan penyimpanan yang jauh lebih sedikit daripada versi reguler. Untuk itu, selama ada aplikasi lite, Anda hanya bisa mengunduh versi tersebut dibandingkan dengan varian reguler.

Akhir kata :

Kurang lebih begitulah cara mengatasi memory Samsung J2 Prime yang penuh, yang bisa anda lakukan agar perangkat lebih lancar untuk penggunaan sehari-hari.